Pages

welcome at my blog ! (^^,)

hope you can enjoy it !

Friday, December 10, 2010

Selamat Jalan Papaku Sayang

          Mungkin banyak orang yg jg pernah ngerasain kehilangan org yg di sayang. gw salah satunya. pertama, opa gw. terus bokap gw. gw tau mungkin semua org akan mati dan kembali kepada Tuhan. Dulu gw suka banget marah sama bokap gw, bokap gw sabar banget ngadepin gw. kadang sedih jg liat bokap di gituin, akhirnya gw minta maaf. sampe pada akhirnya sekitar 3 bulan sebelum bokap gw meninggal, bokap gw sakit. saat itu bulan maret 2010, gw ngerayain trihari suci bareng beliau. pas pulang gereja, bokap keliatan pusing, pas mau masukin motor ke dalam rumah, bokap lemes, dan akhirnya gw bantuin dorong supaya bokap gak jatuh. seminggu kemudian, keadaan beliau pun semakin  parah. tubuhnya lemas, terlihat kurus, dan seperti tidak ada gairah hidup. nyokap gw, bawa bokap ke dokter dan setelah cek darah, bokap mengalami hipotensi(tekanan darah rendah). akhirnya, nyokap beliin obat penambah darah, supaya naik lagi tekanan darahnya. setelah 2 bulan kemudian, udah 10 kali ke dokter dan cek darah 2x, bokap gak sembuh2 jg. gw nyesel karena waktu itu, gak sempet anterin bokap ke dokter, soalnya gw lg sibuk acara sekolah. keadaan bokap semakin buruk, dan jujur gw terpukul dan sedih banget liat keadaan bokap. gw cuma bisa minta kesembuhan bokap gw sama Tuhan dan beri nyokap gw kesabaran buat ngerawat bokap gw. waktu itu gw cuma sempet, beliin papa obat dan rawat bokap sekitar 2 minggu. pas keadaan papa udah buruk banget, papa minta untuk dipindahin ke Semarang(rumah eyang gw) dengan alesan gak mau nyusahin nyokap gw. pas denger keputusan dari bokap, gw sedih banget. tapi papa tetep kekeuh sama keputusannya. gw nyesel karena cuma bisa jagain bokap selama 2 minggu. 3 hari setelah keputusan itu, om gw jemput bokap gw, dan sebelum papa pergi, papa pegang tangan gw dan berpesan ke gw "jangan nakal, belajar yg rajin, nurut sama mama, dan jangan tangisin papa yah, sayang.." dari situ, air mati gw langsung netes di depan papa dan gw gak bisa jawab apa2 karna suara gw mulai sesegukan. mobil om gw pun semakin jauh, saat itu jg badan gw lemas seketika. sedih banget pas liat wajah bokap waktu itu. 3 hari setelahnya gw denger kabar dari mama, bokap gw keadaannya udah mulai membaik. gw pun bersyukur banget sama Tuhan karna udah kabulin doa gw. tetapi 3 hari setelah itu, rasanya gw pengen tlp bokap gw, tapi bokap gw gak mau ngomong sama gw dan akhirnya gw titip salam ke om gw buat bokap gw. abis tlp, gw nangis. besok sorenya, nyokap gw pulang kerja dan nyokap bilang "papa uda gak ada, nak." swear, I'm shock ! bokap udah gak ada dan saat itu jg, gw lemes dan jatuh. dan 2 jam stelahnya, gw sm nyokap dan tante gw(gak semua keluarga dari bokap gw bisa dateng ke sana)ke semarang naik kereta dan pagi2 kami sampai disana. kami istarahat dulu di rmh eyang gw, jam 12 siang kami sekeluarga ke rmh duka bokap. pas deket peti bokap gw, sumpah gw gak tahan liat bokap gw. di situ, gw pingsan. setelah gw sadar, nyokap dan keluarga gw tenangin gw. rasanya air mata ini netes terus dan pada akhirnya sekitar 2jam ada pemberkatan jenazah di rumah duka. gw mau nutup mata papa yg masih agak melek, tapi gak boleh sama nyokap gw. dan beberapa saat kemudian peti bokap di tutup dan di situ gw nangis sekenceng2nya, kami semua berangkat ke kuburan untuk makamin bokap gw. cuma gw yg anter bokap pake ambulan sampe kuburan. pas di kuburan, gak tau kenapa gw gak tahan untuk gak nangis dan di situ gw nangis. apalagi pas peti bokap di turunin ke liang kubur, gw pingsan lagi. abis di gali, gw yg tabur bunga dan gw cium batu nisan papa. beberapa saat kemudian, gw dan keluarga pergi tinggalin makam bokap. bokap titip pesen untuk gw ke om gw "kata papa, kamu harus jagain mama dan nurut sama mama, rajin belajar supaya nanti papa senang." pas denger kata2 itu, gw sedih banget. gw nyesel banget, karena gw blm sempet minta maaf sm bokap dan di saat bokap menghembuskan nafas terakhirnya, gw gak ada di sana, ini kisah nyata dari pengalaman gw. dari kisah ini, gw cuma pengen ingetin lo org, bahagiakanlah ortu lo org, agar di saat waktu mereka udah abis untuk ngejaga kalian, kalian gak akan nyesel. kalo boleh jujur yah, bokap gw baik banget dan gw sayang banget sm bokap gw. sampe sekarang pun, gw masih keinget sama bokap gw. setiap hari gw selalu doain bokap agar bokap gw diluruskan jalannya sm Tuhan dan Tuhan mau mengampuni salah dan dosa yg pernah dilakukan sm bokap gw. gw gak pinter tulis. tapi inilah yg gw alamin, semoga kalian bisa lebih sayang, hormat, sopan, dan jagain ortu kalian. karna penyesalan itu selalu terjadi belakangan. makasih buat kalian yang mau luangin waktu kalian untuk baca tulisan gw ini dan semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. God bless =)

1 comment:

tphen ScReedD poppin said...

sabar ya cheres...
gw ngerty kok perasaan lu...
gmn sedihnya apalg buat trakhir x nya qta ga bisa membuat dia tersenyum....


sabar aja....tetap bersyukur ama God
jagain nyokap...lu jgn bandel ya cheres....

slam dari mantan Koor mu ini

^^


don't be cry and keep your light coz your smile can change your world