Pages

welcome at my blog ! (^^,)

hope you can enjoy it !

Saturday, June 2, 2012

Homemade Pizza

Selamat malam bloggers..
Apa kabar hari ini???
Semoga semuanya sehat supaya tetep bisa makan makanan yang enyakkk :p
Btw nih, mau sharing resep nih.. Kebetulan beberapa waktu lalu bikin homemade pizza, tapi baru hari ini dipostnya hehehe, maap yak ^^v pissss....
Menurut aku pizzanya garing diluar, tapi lembut di dalam, yumm..
Pizzanya diangetin buat keesokan harinya malah tambah maknyussss! Ga percaya? Boleh deh dicoba hihihi..
Aku masaknya pake happy callnya punya mamaku hehehe...
Oia, homemade pizza ini pastinya lebih sehat ya karena gak ada bahan pengawet dan NO MSG pastinya!!! :D
Kalo buat sendiri di rumah, selain lebih sehat, lebih puas(bisa nambah karena 1 resep bisa buat 4 loyang pizza ukuran 20cm hahahaha), lebih mantap(karena bisa kasih topping sesuka hati), dan lebih higinies pastinyaa donggg, ya kan?? ^_^
Kalo bisa buat di rumah sendiri kenapa harus beli di luar??
Be a creative girls hehehe :)


Yukk ahh ditengok resepnya, btw mohon maaf aku lupa sourcenya lg ckckck(jangan ditiru ya bloggers)  :


* Adonan dasar pizza :


100 ml susu segar
1 bungkus (11 g) ragi instant
500 g tepung terigu protein tinggi
1 sdm garam halus
2 sdm minyak olive
250 ml air (sesuaikan dengan kondisi tepung)

Cara membuat: 

- Kulit Pizza: masak susu dan ragi hingga hangat dan ragi larut. Angkat.

- Aduk tepung terigu dengan garam hingga rata.

- Tambahkan larutan ragi, minyak olive dan telur. Aduk hingga rata.

- Tambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan kalis.

- Bulatkan adonan dan istirahatkan selama 1 jam atau mengembang dua kali semula.

- Bagi adonan menjadi 4 bagian. Bulatkan tiap adonan.





* Saus bolognaise (untuk olesan di pizza sebelum diberi topping) :
(Recipe by Sisca Soewitomo, modified by me)

- 250 gr daging sapi cincang (aku pake 300 gram)
- mau ditambah jamur kancing / sosis juga enak (aku pake jamur kancing kaleng yang dibelah jadi 2)
- 1 bh kecil bawang bombay --) rajang halus
- 3 siung bawang putih ---) rajang halus
- mentega/ margarin untuk menumis (aku pake 2 sdm mentega Anchor yang unsalted butter)
- oregano bubuk
- basil segar/bubuk (aku gak pake karna gak nemu ditempatku)
- merica bubuk ---> aku pake merica hitam, lebih strong aromanya (aku pake feeling aja kira-kira 1/2 sdt black pepper/merica hitam)
- pala bubuk (aku gak pake karena lg kehabisan stok di rumah)
- pasta tomat (aku gak pake pasta tomat, kalo aku pake tomat segar yang diblender & disaring, untuk mengurangi makanan berpengawet, aku pake tomat segar ukuran besar 7 buah)
- saus tomat botolan (aku gak pake karna udah aku ganti pake tomat segar yang diblender & disaring, biar lebih sehat tentunya hehehe)
- saus sambal botolan (aku gak pake juga)
- garam (feeling aja, aku pake kira-kira1 sdt, kalo kurang asin bisa ditambah)
- gula pasir (feeling juga, aku pake kira-kira 1/2 sdt)
- air matang secukupnya

Cara membuat :
- Panaskan mentega/unsalted butte sampai meleleh.
- Lalu masukkan bawang bombang sampai harum dan bawang putih, aduk hingga harum dan berwarna kuning.
- Kemudian masukkan daging sapi cincang, masak dan aduk hingga harum dan berubah warna.
- Lalu masukkan bumbu-bumbu seperti oregano bubuk, basil segar/bubuk, garam, merica bubuk, pala bubuk, gula, aduk hingga rata.
- Tambahkan air matang secukupnya(kira-kira 4-5 sdm)
- Tuangkan tomat segar yang telah diblender dan disaring, aduk perlahan dan masak hingga air agak menyusut dan sedikit mengental.
- Hangatkan dan saus siap dioles ke pizza.

Penyelesaian :
- Ambil adonan pizza kemudian bulatkan dan diratakan menggunakan gilisan  yang terbuat dari kayu yang telah dibungkus menggunakan plastik bening.
- Setelah adonan rata, oleskan saus bolognaise ke atas adonan.
- Kemudian beri topping pada pizza yang telah dioleskan saus bolognaise. (bisa jamur, paprika merah, paprika hijau, mayonaise, keju mozzarella, sosis, smoked beef, atau apa saja sesuai selera anda).
- Pizza siap dipanggang dengan suhu 160 derajat celcius selama 8-15 menit.
- Homemade pizza siap dinikmati setelah hangat. ^_^

Berikut penampakan my homemade pizza :





How? Easy right? Yes, of course! :D
So healthy, looks yummy, and enjoy your homemade pizza! hehehe..

Komentar mama, neneknya pacarku, dan pacarku : "Enak banget, mantap deh, garing diluar tapi lembut di dalem.. Pizza yg biasa beli mah kalah deh.." aduhh bisa aja sih mujinya, serasa mau terbang nih wkwkwk.. tapi bener loh begitu komentarnya mereka hehehe.. Puji tuhan semua suka ^_^


Oia hampir kelupaan, ini pizza model tipis ya bukan yang tebal lohh ^_^ kalo mau bikin tebal jg bisa tp yaa pas gilas adonannya mbok yo jgn terlalu tipis hihihi...

Semoga bermanfaat ya ^_^

No comments: