Pages

welcome at my blog ! (^^,)

hope you can enjoy it !

Saturday, June 2, 2012

Mozzarella Soft Roll in a Cup

Hello.. Hello..
Ini project udah lama sebenernya tapi baru sempet aku post hihihi..
Maaf yoo :D
Kali ini resep tentang roti nih hehe.. Soalnya lagi suka biki roti hehe..
Kali ini resepnya aku ambil dari buku resep yang judulnya "Sukses Wirausaha Roti Favorit" oleh Budi Sutomo.
Buku ini aku beli sekitar 4 bulan lalu waktu jalan ke gramedia Pasar Baru sama mama. Eh iseng2 baca malah jadi kepincut untuk beli, saking penasarannya.. hehehe.. Dan akhirnya dibelilah buku itu, setelah dibaca semuanya, wahh naksir berat sama roti ini, judule bokkk gak nahan wkwkwk.. Hasilnya sih lumayan enak, lembut udah pas, tapi dari segi rasa gak seperti roti yang di bakery2 terkenal itu hehehe... Ini lebih cocok roti rumahan hehe.. Aku cuma bikin 1/4 resep aja karena cuma pengen coba hihihi.. Dan aku ngulenin adonan pake "Mixer Manual", soalnya belum punya mixer bread maker ^_^ harap maklum yaa...


Daripada penasaran sama resepnya, yukk mareee diintip resepnya : 
(Modified by me)


Bahan :
- Tepung terigu protein tinggi 2 kg (aku pake jenis Cakra Kembar yang warna hijau)
- Gula pasir 450 gr (aku pake merek Gulaku)
- Ragi instan 40 gr (aku pake merek Fermipan 1sachet = 11 gr, karena cuma bikin 1/4 resep)
- Bread Improver (pelembut roti, aku pake merek Baker Bonus)
- Telur 175 gr 
- Garam halus 25 gr
- Air es 400 ml (aku pake susu segar dingin 100 ml)
- Susu tawar cair 500 ml (aku pake merek diamond, lebih gurih rasanya dan harus dalam keadaan dingin ya!)
- Mentega/margarin (aku pake Anchor yang unsalted butter, soalnya aku pake garam)


Isi :
- Keju mozzarella, potong-potong 250 gr


Olesan, aduk rata :
- Kuning telur 3 butir
- Margarin, lelehkan 2 sdm (aku pake salted butter Anchor)


Taburan :
Keju Mozzarella, potong dadu kecil


Cara membuat :
1. Campuyr tepung terigu, gula pasir, ragi instan, bread improver, telur, dan garam dalam mangkuk mixer. Mikser dengan kecepatan paling rendah(nomor 1) selama 2 menit. Masukkan air es, susu tawar cair, dan mentega/margarin. Tambah dengan kecepatan paling rendah(nomor 2), lalu aduk kembali selama 12 menit atau hingga adonan kalis. Pengadukan juga bisa menggunakan tangan.
2. Bulatkan adonan, lalu diamkan selama 25 menit. Kempeskan adonan, lalu timbang adonan masing-masing seberat 50 gr. Bulatkan, lalu diamkan selama 15 menit.
3. Giling adonan, lalu bentuk bulat pipih. Isi dengan potongan keju mozzarella, lalu bulatkan kembali. Letakkan adonan di atas cetakan muffin besar(aku pake cetakan cupcake) atau di atas loyang beroles margarin. Olesi dengan bahan olesan, lalu taburi atasnya dengan potongan keju mozzarella.
4. Fermentasikan adonan yang sudag dibentuk selama 45-60 menit.
5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200 derajat celcius selama 10-15 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, lalu dinginkan.
6. Kemas roti di dalam kantong plastik, box plastik, atau karton. Roti siap dipasarkan.




Untuk 70 buah.


Berikut penampakan roti buatanku :








Semoga bermanfaat ^_^

No comments: